Selasa, 25 Oktober 2011

Cerita Tentang Panas Bumi dan Indonesia


Indonesia merupakan salah satu Negara yang di anugerahi banyak kenikmatan, begitu banyak  sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, minyak bumi, batubara, emas, dan lain-lainnya, yang merupakan sumber daya geologi. Dan pada kesempatan kali inisaya akan mencoba menyampaikan tentang salah satu sumber daya geologi yang menarik, yaitu panas bumi.

             Panas Bumi (Geotermal)
Secara bahasa, kata geothermal terbentuk dari dua kata yaitu geo yang berarti bumi dan thermal yang artinya panas. Jadi istilah geothermal sama saja dengan panas bumi. Geothermal dapat dimaknai sebagai energi panas yang terbentuk secara alami dibawah permukaan bumi. Panas bumi merupakan sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air dan batuan, yang keberadaannya bersama mineral ikutan dan gas lainnya dalam satu sistem yang secara keterjadiannya tidak bisa saling dipisahkan. Secara alami sumber energi panas bumi umumnya berada bersamaan dengan keterdapatan gunung api, selain bisa juga panas bumi merupakan efek dari gradien geotermal. Dimana stiap turun 100 ke bawah permukaan (kedalam perut bumi) suhu naik sebesar 3o C. sistem panas bumi terbentuk sebagai hasil dari sumber panas yang ada di sekelilingnya baik berupa konduksi ataupun konveksi. Untuk perpindahan panas secara konduksi terjadi melalui batuan, dan untuk perpindahan panas secara konveksi terjadi karena adanya kontak antara air dengan suatu sumber panas.
Beradasarkan sumber yang ada energy geothermal di bawah perut bumi memiliki cadangan energy yang cukup besar, dimana jumlah cadangan di seluruh dunia mencapai  kisaran 50.000 kali lebih banyak dari pada cadangan energy fosil (U.S. Departement Energy, 2005). Secara umum penggunaan energi panas bumi (geothermal) fikelompokan menjadi tiga, diantaranya adalah untuk energy listrik, penggunaan secara langsung, dan pemanasan atau pendinginan bangunan dengan pompa-pompa panas geothermal.
gambar sistem panas bumi (dongeng geologi)
Untuk penggunaan dalam hal energy listrik, dimana dalam hal ini tenaga yang berasal dari uap panas bumi digunakan untuk menggerakan turbin yang nantinya menghasilkan energy listrik. Pemanfaatan energi panas bumi untuk membangkitkan listrik dilakukan dengan mengebor daerah yang berpotensi panas bumi. Pemboran dengan membuat lubang untuk keluarnya gas panas yang akan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel uap (boiler) sehingga uapnya bisa menggerakkan turbin yang tersambung ke generator.
Dalam hal penggunaan langsung (direct use) , pada umumnya sebuah bor dimasukan kedalam reservoar  geothermal  yang tujuannya adalah untuk mengalirkan uap air panas dengan menggunakan sitem mekanik berupa pemompaan dengan pipa-pipa, pengatur panas, dan pengontrol-pengontrol, kemudian dialirkan ke tempat-tempat yang akan menggunakannya. Dimana air panas  dari sumber geothermal mampu digunakan untuk  rumah kaca, pengeringan hasil panen, pemanas ruangan, pengobatan. Atau yang lainnya.
Pada umumnya penggunaan energy geothermal secara langsung dilakukan pada suhu reservoar yang sudah tidak ekonomis untuk digunakan sebagai pembangkit listrik., yang dimana suhu yang bisa digunakan untuk pembangkit listrik berkisar  antara 50oC sampai 150oC.

 Potensi Panas Bumi Di Indonesia
 Berdasarkan sumber yang ada Potensi energi panas bumi yang dimiliki oleh Indonesia mencapai   sekitar 28.000 MW (sekitar 40% cadangan dunia) dengan potensi sumber daya 13440 MW dan reserves 14.473 MW tersebar di 265 lokasi di seluruh Indonesia. Dari potensi sebesar tersebut, 4% atau 1.189 MW telah dimanfaatkan energinya untuk pembangkitan tenaga listrik dengan kapasitas terpasang terbesar berada di daerah Jawa Barat yaitu sebesar 1057 MW (20% dari cadangan), kemudian diikuti oleh Jawa Tengah 60 MW, Sulawesi Utara 60 MW dan Sumatera Utara 12 MW. Selain hal itu juga limbah dari panas bumi dapat mengandung emas. untuk lebih jelasnya lihat tulisan dari dongeng geologi tentang Limbah Panas Bumi Mengandung Emas.





                   

1 komentar:

  1. mantap mas wildan, visit yo bamsgeology.blogspot.com wkwkwkw

    BalasHapus